Cara Daftar dan Cek Penerimaan Bansos Beras 10 Kg September 2024
Bantuan Sosial (Bansos) adalah program dukungan berupa uang atau barang dari pemerintah daerah kepada individu, keluarga, kelompok dan/atau masyarakat, yang bersifat selektif. Tujuan bantuan sosial adalah untuk melindungi masyarakat terhadap kemungkinan risiko sosial dan meningkatkan kapasitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Bansos merupakan bantuan dari pemerintah bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), untuk masyarakat yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Sejumlah bantuan sosial (bansos) yang digelontorkan pemerintah pada bulan september 2024, ini merupakan kabar gembira bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Berikut beberapa program bansos dari pemerintah yang akan disalurkan pada awal bulan september 2024 ini diantaranya bansos bantuan beras 10 kg.
Pada awal Juni lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisyaratkan anggaran bantuan sosial kemungkinan akan mencukupi hingga akhir tahun. Penerima bantuan beras 10kg diidentifikasi berdasarkan data Penetapan Target Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Ada sebanyak 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bansos beras 10 kg ini. Namun, bagi mereka yang menerimanya pada agustus lalu kemungkinan besar tidak akan menerimanya pada september ini.
Syarat Penerima Bansos Beras 10 Kg
Persyaratan penerima bansos pangan beras 10 kilogram otomatis sama dengan persyaratan penerima bansos PKH dan BPNT, antara lain:
- Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
- Memiliki Kartu Keluarga dan Tanda Penduduk yang masih berlaku
- Penduduk yang tergolong miskin
- Tidak termasuk atau Bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri atau Tentara Nasional Indonesia (TNI)
- Termasuk dan terdaftar dalam DTKS Pendaftaran Kemensos
Cara Mendaftar
- Melakukan pendaftaran mandiri (ke kantor pemerintahan)
- Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).
- Kunjungi kantor desa atau kecamatan terdekat dan serahkan dokumen yang telah disiapkan
- Kemudian desa akan melakukan proses pertimbangan dan verifikasi.
- Hasil verifikasi akan dikirim ke dinas sosial untuk diberitahukan kepada bupati atau walikota.
- Dari bupati atau walikota, laporan akan disampaikan kepada Menteri Sosial.
- Jika syarat terpenuhi, calon akan mendapat persetujuan resmi dari Menteri Sosial.
Melakukan pendaftaran mandiri (secara online)
- Download aplikasi “Cek bansos Kemensos” di PlayStore.
- Buat akun baru di aplikasi.
- Sesuai KK dan KTP, masukkan informasi pribadi Anda seperti nomor KK, NIK, dan nama lengkap.
- Unggah foto KTP dan selfie dengan KTP.
- Pilih opsi Buat akun baru.
- Setelah prosesnya selesai, Kementerian Sosial akan mengirimkan dua email kepada masyarakat.
- Buka inbox email Anda dan klik tombol Aktifkan agar Anda dapat melanjutkan pendaftaran bansos.
- Buka kembali aplikasi “Cek Bansos” yang telah diluncurkan.
- Masuk menggunakan alamat email dan kata sandi Anda.
- Pilih opsi “Daftar Saran”.
- Klik opsi Tambahkan Saran.
- Ikuti petunjuk di layar untuk memasukkan kembali informasi pribadi lengkap Anda.
- Bansos beras 10 kg hanya dibayarkan kepada penerima bansos PKH dan BPNT,
jadi pilihlah antara PKH dan BPNT sebagai jenis bantuan Anda. - Unggah foto KTP dan foto depan rumah.
- Klik Tambah.
- Pendaftaran telah selesai, dan tunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian Sosial.
Cara Cek Status Penerimaan Bansos Beras 10 Kg
Buka website cekbansos.kemensos.go.id pada browser di ponsel maupun gadget
Anda.
- Isi kolom data penerima dengan memilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan tempat Anda tinggal beserta nama lengkap sesuai yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
- Masukkan 4 karakter huruf kode verifikasi ditampilkan pada “Kotak Kode”.
- Pilih “Cari data” dan tunggu hingga informasi muncul di layar.