{"id":84928,"date":"2026-01-12T15:15:54","date_gmt":"2026-01-12T08:15:54","guid":{"rendered":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/?p=84928"},"modified":"2026-01-12T15:52:06","modified_gmt":"2026-01-12T08:52:06","slug":"umk-jabodetabek-2026-bekasi-jadi-yang-tertinggi-simak-daftarnya","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/umk-jabodetabek-2026-bekasi-jadi-yang-tertinggi-simak-daftarnya\/","title":{"rendered":"UMK Jabodetabek 2026: Bekasi Jadi yang Tertinggi, Simak Daftarnya!"},"content":{"rendered":"<h2>UMK Jabodetabek 2026: Bekasi Jadi yang Tertinggi, Simak Daftarnya!<\/h2>\n<p>UMK Jabodetabek 2026: Bekasi Jadi yang Tertinggi, Simak Daftarnya!<\/p>\n<p>Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2026 resmi ditetapkan sebesar Rp 5.729.876 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2026.<\/p>\n<p>Penetapan ini diumumkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah melakukan diskusi dengan Dewan Pengupahan yang melibatkan pihak-pihak dari buruh, pengusaha, dan pemerintah.<\/p>\n<p>Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, menyatakan bahwa angka UMP 2026 telah disepakati setelah serangkaian pertemuan dengan semua pihak terkait.<\/p>\n<p>\u201cHari ini kami mengumumkan besaran UMP setelah beberapa kali rapat antara buruh, pengusaha, dan pemerintah.<\/p>\n<p>DKI Jakarta telah sepakat untuk menaikkan UMP tahun 2026 menjadi Rp 5.729.876,\u201d ungkap Pramono di Balai Kota Jakarta pada Rabu (24\/12\/2025).<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des1 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"7381647052\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><br \/>\nKeputusan mengenai UMP 2026 mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 mengenai Pengupahan.<\/p>\n<p>Dalam regulasi itu, ditetapkan nilai alfa antara 0,5 sampai 0,9.<\/p>\n<p>\u201cDalam PP dijelaskan nilai alfa yang digunakan adalah dari 0,5 hingga 0,9.<\/p>\n<p>Pada rapat Dewan Pengupahan, untuk penetapan UMP 2026 ini digunakan alfanya sebesar 0,75,\u201d jelas Pramono.<\/p>\n<p>Sebagai informasi, UMP DKI Jakarta untuk tahun 2025 tercatat sebesar Rp 5.396.761.<\/p>\n<p>Jadi, UMP DKI Jakarta 2026 mengalami kenaikan sebesar Rp 333.115 atau sekitar 6,17 persen.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des2 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"3386561724\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h3><strong>UMK<\/strong>\u00a0<strong>Bogor, Depok, Bekasi 2026 <\/strong><\/h3>\n<p>Selain DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten\/Kota (UMK) untuk tahun 2026, termasuk daerah-daerah sekitar Jakarta.<\/p>\n<p>Penetapan UMP 2026 mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 tentang Pengupahan.<\/p>\n<p>Dalam aturan tersebut, nilai alfa ditetapkan dalam rentang 0,5 hingga 0,9.<\/p>\n<p>\u201cDalam PP diatur alfanya adalah 0,5 sampai dengan 0,9. Dalam rapat Dewan Pengupahan, penetapan UMP 2026 ini menggunakan alfa 0,75,\u201d kata Pramono.<\/p>\n<p>Sebagai perbandingan, UMP DKI Jakarta 2025 tercatat sebesar Rp 5.396.761.<\/p>\n<p>Dengan demikian, UMP DKI Jakarta 2026 naik Rp 333.115 atau sekitar 6,17 persen.<\/p>\n<p>Selain DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan Upah Minimum Kabupaten\/Kota (UMK) 2026, termasuk area penyangga Jakarta.<\/p>\n<p>Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561.7\/Kep.862-Kesra\/2025 tentang Upah Minimum Kabupaten\/Kota Tahun 2026.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des3 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"9732478221\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><br \/>\nBerikut adalah daftar UMK Jawa Barat 2026 di kawasan Jabodetabek:<\/p>\n<ul>\n<li>Kota Bogor: Rp 5.437.203, meningkat 6,05 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.126.897,22<\/li>\n<li>Kabupaten Bogor: Rp 5.161.769, naik 5,83 persen dari 2025 yang sebesar Rp 4.877.211,17<\/li>\n<li>Kota Depok: Rp 5.522.662, naik 6,29 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.195.720,78<\/li>\n<li>Kota Bekasi: Rp 5.999.443, naik 5,42 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.690.752<\/li>\n<li>Kabupaten Bekasi: Rp 5.938.885, naik 6,8 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.558.515.<\/li>\n<\/ul>\n<p>Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Gubernur Banten Nomor 703 Tahun 2025 dan mulai berlaku pada 2026.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des1 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"7381647052\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><br \/>\nRincian UMK untuk wilayah Tangerang Raya 2026 adalah sebagai berikut:<\/p>\n<ul>\n<li>Kota Tangerang: Rp 5.399.405, naik 6,50 persen dari Rp 5.069.708 pada 2025<\/li>\n<li>Kabupaten Tangerang: Rp 5.210.377, naik 6,31 persen dari Rp 4.901.117 pada 2025<\/li>\n<li>Kota Tangerang Selatan: Rp 5.247.870, naik 5,50 persen dari Rp 4.974.392 pada 2025<\/li>\n<\/ul>\n<p>Dengan penetapan ini, seluruh UMP dan UMK di kawasan Jabodetabek resmi mulai berlaku pada awal 2026 dan menjadi dasar untuk pembayaran upah minimum bagi pekerja di setiap daerah.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des2 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"3386561724\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"<p>UMK Jabodetabek 2026: Bekasi Jadi yang Tertinggi, Simak Daftarnya! UMK Jabodetabek 2026: Bekasi Jadi yang Tertinggi, Simak Daftarnya! Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2026 resmi ditetapkan sebesar Rp 5.729.876 dan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2026. Penetapan ini diumumkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah melakukan diskusi dengan Dewan Pengupahan yang [&hellip;]<\/p>\n","protected":false},"author":5,"featured_media":84929,"comment_status":"open","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"_tocer_settings":[],"jnews-multi-image_gallery":[],"jnews_single_post":[],"jnews_primary_category":[],"footnotes":""},"categories":[31],"tags":[40090,40188],"class_list":["post-84928","post","type-post","status-publish","format-standard","has-post-thumbnail","hentry","category-informasi","tag-simak-daftarnya","tag-umk-jabodetabek-2026-bekasi-jadi-yang-tertinggi"],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/84928","targetHints":{"allow":["GET"]}}],"collection":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/users\/5"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=84928"}],"version-history":[{"count":6,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/84928\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":84953,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/84928\/revisions\/84953"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media\/84929"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=84928"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=84928"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=84928"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}