{"id":85715,"date":"2026-01-17T15:40:28","date_gmt":"2026-01-17T08:40:28","guid":{"rendered":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/?p=85715"},"modified":"2026-01-17T16:01:13","modified_gmt":"2026-01-17T09:01:13","slug":"umk-jabodetabek-2026-ditetapkan-bekasi-jadi-yang-tertinggi","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/umk-jabodetabek-2026-ditetapkan-bekasi-jadi-yang-tertinggi\/","title":{"rendered":"UMK Jabodetabek 2026 Ditetapkan, Bekasi Jadi yang Tertinggi"},"content":{"rendered":"<h2>UMK Jabodetabek 2026 Ditetapkan, Bekasi Jadi yang Tertinggi<\/h2>\n<p>Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2026 telah ditentukan secara resmi dengan nilai Rp 5.729.876 dan akan diberlakukan mulai 1 Januari 2026.<\/p>\n<p>Keputusan ini diumumkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah melakukan pertemuan dengan Dewan Pengupahan yang melibatkan perwakilan buruh, pengusaha, dan pemerintah.<\/p>\n<p>Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, mengungkapkan bahwa jumlah UMP 2026 telah dicapai melalui beberapa pertemuan dengan semua pihak yang terlibat.<\/p>\n<p>\u201cHari ini kami menginformasikan nilai UMP setelah serangkaian rapat antara buruh, pengusaha, dan pemerintah.<\/p>\n<p>DKI Jakarta setuju untuk meningkatkan UMP tahun 2026 menjadi Rp 5.729.876,\u201d kata Pramono di Balai Kota Jakarta pada Rabu (24\/12\/2025).<\/p>\n<p>Keputusan mengenai UMP 2026 merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 tentang Pengupahan.<\/p>\n<p>Dalam peraturan tersebut, ditetapkan nilai alfa antara 0,5 sampai 0,9.<br \/>\n\u201cDi dalam PP dijelaskan bahwa nilai alfanya berkisar antara 0,5 hingga 0,9.<\/p>\n<p>Pada pertemuan Dewan Pengupahan, untuk menetapkan UMP 2026, digunakan nilai alfa sebesar 0,75,\u201d terang Pramono.<\/p>\n<p>Sebagai tambahan, UMP DKI Jakarta untuk tahun 2025 tercatat sebesar Rp 5.396.761.<\/p>\n<p>Dengan demikian, UMP DKI Jakarta 2026 mengalami kenaikan sebesar Rp 333.115 atau sekitar 6,17 persen.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des1 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"7381647052\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h2><strong>UMK Bogor, Depok, Bekasi 2026<\/strong><\/h2>\n<p>Selain DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah menetapkan Upah Minimum Kabupaten\/Kota (UMK) untuk tahun 2026, termasuk daerah di sekitar Jakarta.<\/p>\n<p>Penetapan UMP 2026 mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 mengenai Pengupahan.<\/p>\n<p>Dalam regulasi tersebut, nilai alfa ditetapkan pada rentang 0,5 hingga 0,9.<\/p>\n<p>\u201cDalam PP diatur bahwa nilai alfanya adalah antara 0,5 hingga 0,9. Pada rapat Dewan Pengupahan, untuk penetapan UMP 2026 ini diterapkan nilai alfa 0,75,\u201d ujar Pramono.<\/p>\n<p>Dilansir dari kompas.com, sebagai perbandingan, UMP DKI Jakarta untuk tahun 2025 tercatat sebesar Rp 5.396.761.<\/p>\n<p>Dengan begitu, UMP DKI Jakarta 2026 meningkat sebesar Rp 333.115 atau sekitar 6,17 persen.<\/p>\n<p>Selain dari DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menentukan Upah Minimum Kabupaten\/Kota (UMK) untuk tahun 2026, juga termasuk daerah sekitar Jakarta.<\/p>\n<p>Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 561. 7\/Kep. 862-Kesra\/2025 mengenai Upah Minimum Kabupaten\/Kota Tahun 2026.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des2 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"3386561724\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h2><strong>Daftar UMK untuk Jawa Barat tahun 2026 di kawasan Jabodetabek:<\/strong><\/h2>\n<p>Kota Bogor: Rp 5.437.203, meningkat 6,05 persen dibandingkan 2025 yang sebesar Rp 5.126.897,22<\/p>\n<p>Kabupaten Bogor: Rp 5.161.769, meningkat 5,83 persen dari 2025 yang sebesar Rp 4.877.211,17<\/p>\n<p>Kota Depok: Rp 5.522.662, naik 6,29 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.195.720,78<\/p>\n<p>Kota Bekasi: Rp 5.999.443, meningkat 5,42 persen dari tahun 2025 yang sebesar Rp 5.690.752<\/p>\n<p>Kabupaten Bekasi: Rp 5.938.885, naik 6,8 persen dari 2025 yang sebesar Rp 5.558.515.<\/p>\n<p>Penetapan ini tercantum dalam Keputusan Gubernur Banten Nomor 703 Tahun 2025 dan mulai berlaku pada 2026.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des3 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"9732478221\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h2><strong>Rincian UMK untuk wilayah Tangerang Raya 2026 adalah sebagai berikut:<\/strong><\/h2>\n<p>Kota Tangerang: Rp 5.399.405, naik 6,50 persen dari Rp 5.069.708 pada 2025<\/p>\n<p>Kabupaten Tangerang: Rp 5.210.377, meningkat 6,31 persen dari Rp 4.901.117 pada 2025<\/p>\n<p>Kota Tangerang Selatan: Rp 5.247.870, naik 5,50 persen dari Rp 4.974.392 pada 2025<\/p>\n<p>Dengan adanya penetapan ini, seluruh UMP dan UMK di wilayah Jabodetabek akan resmi berlaku mulai awal 2026 dan menjadi acuan untuk pembayaran upah minimum di setiap daerah.<\/p>\n<p>Sumber: https:\/\/megapolitan.kompas.com\/read\/2026\/01\/07\/12294181\/daftar-lengkap-ump-umk-jabodetabek-2026-umk-kota-bekasi-tertinggi-rp-59<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"<p>UMK Jabodetabek 2026 Ditetapkan, Bekasi Jadi yang Tertinggi Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2026 telah ditentukan secara resmi dengan nilai Rp 5.729.876 dan akan diberlakukan mulai 1 Januari 2026. Keputusan ini diumumkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta setelah melakukan pertemuan dengan Dewan Pengupahan yang melibatkan perwakilan buruh, pengusaha, dan pemerintah. Gubernur DKI [&hellip;]<\/p>\n","protected":false},"author":5,"featured_media":85716,"comment_status":"open","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"_tocer_settings":[],"jnews-multi-image_gallery":[],"jnews_single_post":[],"jnews_primary_category":[],"footnotes":""},"categories":[31],"tags":[40491,40490],"class_list":["post-85715","post","type-post","status-publish","format-standard","has-post-thumbnail","hentry","category-informasi","tag-bekasi-jadi-yang-tertinggi","tag-umk-jabodetabek-2026-ditetapkan"],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/85715","targetHints":{"allow":["GET"]}}],"collection":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/users\/5"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=85715"}],"version-history":[{"count":3,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/85715\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":85719,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/85715\/revisions\/85719"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media\/85716"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=85715"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=85715"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=85715"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}