{"id":86703,"date":"2026-01-26T07:16:08","date_gmt":"2026-01-26T00:16:08","guid":{"rendered":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/?p=86703"},"modified":"2026-01-26T08:08:06","modified_gmt":"2026-01-26T01:08:06","slug":"ump-2026-sudah-berlaku-cek-daftar-upah-minimum-38-provinsi","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/ump-2026-sudah-berlaku-cek-daftar-upah-minimum-38-provinsi\/","title":{"rendered":"UMP 2026 Sudah Berlaku! Cek Daftar Upah Minimum 38 Provinsi"},"content":{"rendered":"<p>Upah Minimum Provinsi (UMP) 2026 resmi berlaku mulai Januari dan langsung menjadi perhatian pekerja maupun pelaku usaha di seluruh Indonesia.<\/p>\n<p>Kebijakan ini menentukan batas upah terendah yang wajib dibayarkan perusahaan kepada pekerja di masing-masing daerah.<\/p>\n<p>Dengan besaran UMP yang berbeda di setiap provinsi, penting bagi masyarakat untuk mengetahui daftar lengkap upah minimum 2026 di 38 provinsi sebagai acuan dalam perencanaan keuangan dan ketenagakerjaan.<\/p>\n<p>Ada 38 provinsi yang telah menetapkan Upah Minimum tahun 2026. Dari seluruh provinsi, UMP tahun 2026 yang tertinggi ditetapkan oleh DKI Jakarta dengan jumlah Rp 5.729.876, sedangkan yang terendah di Jawa Barat dengan jumlah Rp 2.317.601.<\/p>\n<p>Pengaturan UMP 2026 ini mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2025 mengenai pengupahan, yang mewajibkan setiap Gubernur untuk mengumumkan upah minimum paling lambat pada 24 Desember 2025 dan mulai berlaku efektif pada 1 Januari 2026.<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des1 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"7381647052\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h2>Daftar Upah Minimum 2026 di 38 Provinsi<\/h2>\n<p><strong>Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah daftar Upah Minimum 2026 di 38 provinsi yang telah diumumkan:<\/strong><\/p>\n<h3>UMP 2026 Pulau Sumatera<\/h3>\n<ul>\n<li>Aceh \u2013 Rp3.932.552<\/li>\n<li>Sumatera Utara \u2013 Rp3.228.949<\/li>\n<li>Sumatera Barat \u2013 Rp3.182.955<\/li>\n<li>Riau \u2013 Rp3.780.495<\/li>\n<li>Kepulauan Riau \u2013 Rp3.879.520<\/li>\n<li>Jambi \u2013 Rp3.471.497<\/li>\n<li>Sumatera Selatan \u2013 Rp3.942.963<\/li>\n<li>Bengkulu \u2013 Rp2.827.250<\/li>\n<li>Lampung \u2013 Rp3.047.734<\/li>\n<li>Kepulauan Bangka Belitung \u2013 Rp4.035.000<\/li>\n<\/ul>\n<p><script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des2 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"3386561724\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h3>UMP 2026 Pulau Jawa<\/h3>\n<ul>\n<li>DKI Jakarta \u2013 Rp5.729.876<\/li>\n<li>Jawa Barat \u2013 Rp2.317.601<\/li>\n<li>Jawa Tengah \u2013 Rp2.327.386<\/li>\n<li>DI Yogyakarta \u2013 Rp2.417.495<\/li>\n<li>Jawa Timur \u2013 Rp2.446.880<\/li>\n<li>Banten \u2013 Rp3.100.881<\/li>\n<\/ul>\n<h3>UMP 2026 Pulau Bali, Nusa Tenggara<\/h3>\n<ul>\n<li>Bali \u2013 Rp3.207.459<\/li>\n<li>Nusa Tenggara Barat \u2013 Rp2.673.861<\/li>\n<li>Nusa Tenggara Timur \u2013 Rp2.455.898<\/li>\n<\/ul>\n<p><script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des3 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"9732478221\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h3>UMP 2026 Pulau Kalimantan<\/h3>\n<ul>\n<li>Kalimantan Barat \u2013 Rp3.054.552<\/li>\n<li>Kalimantan Tengah \u2013 Rp3.686.138<\/li>\n<li>Kalimantan Selatan \u2013 Rp3.725.000<\/li>\n<li>Kalimantan Timur \u2013 Rp3.762.431<\/li>\n<li>Kalimantan Utara \u2013 Rp3.775.243<\/li>\n<\/ul>\n<h3>UMP 2026 Pulau Sulawesi<\/h3>\n<ul>\n<li>Sulawesi Utara \u2013 Rp4.002.630<\/li>\n<li>Sulawesi Tengah \u2013 Rp3.179.565<\/li>\n<li>Sulawesi Selatan \u2013 Rp3.921.088<\/li>\n<li>Sulawesi Tenggara \u2013 Rp3.306.496<\/li>\n<li>Sulawesi Barat \u2013 Rp3.315.934<\/li>\n<li>Gorontalo \u2013 Rp3.405.144<\/li>\n<\/ul>\n<p><script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des1 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"7381647052\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><\/p>\n<h3>UMP 2026 Maluku dan Papua<\/h3>\n<ul>\n<li>Maluku \u2013 Rp3.334.490<\/li>\n<li>Maluku Utara \u2013 Rp3.510.240<\/li>\n<li>Papua \u2013 Rp4.436.283<\/li>\n<li>Papua Pegunungan \u2013 Rp4.508.714<\/li>\n<li>Papua Tengah \u2013 Rp4.285.848<\/li>\n<li>Papua Selatan \u2013 Rp4.508.100<\/li>\n<li>Papua Barat \u2013 Rp3.841.000<\/li>\n<li>Papua Barat Daya \u2013 Rp3.766.000<\/li>\n<\/ul>\n<p>Dengan berlakunya UMP 2026 di seluruh provinsi, diharapkan kebijakan ini dapat menjadi acuan yang jelas bagi pekerja dan pengusaha dalam menjalankan hubungan kerja yang adil dan berimbang.<\/p>\n<p>Masyarakat perlu terus memantau ketentuan pengupahan di daerah masing-masing, termasuk kemungkinan penyesuaian melalui upah minimum kabupaten\/kota (UMK).<br \/>\n<script async src=\"https:\/\/pagead2.googlesyndication.com\/pagead\/js\/adsbygoogle.js?client=ca-pub-0032959964480376\"\n     crossorigin=\"anonymous\"><\/script><br \/>\n<!-- 2023des2 --><br \/>\n<ins class=\"adsbygoogle\"\n     style=\"display:block\"\n     data-ad-client=\"ca-pub-0032959964480376\"\n     data-ad-slot=\"3386561724\"\n     data-ad-format=\"auto\"\n     data-full-width-responsive=\"true\"><\/ins><br \/>\n<script>\n     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});\n<\/script><br \/>\nInformasi UMP 2026 ini diharapkan membantu pekerja dalam memahami hak upah serta mendukung perencanaan keuangan yang lebih matang.<\/p>\n<p>Dengan memahami daftar lengkap UMP 2026 di seluruh provinsi, diharapkan semua pihak dapat menjalankan peran masing-masing secara lebih transparan dan bertanggung jawab.<\/p>\n<p>Informasi ini tidak hanya relevan untuk pekerja aktif, tetapi juga bagi pencari kerja, pelaku usaha, dan pengambil kebijakan dalam merencanakan langkah ekonomi dan ketenagakerjaan ke depan.<\/p>\n<p>Sumber: https:\/\/money.kompas.com\/read\/2025\/12\/26\/113615726\/ump-2026-berlaku-januari-cek-daftar-36-provinsi-yang-sudah-menetapkan?page=all.<\/p>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"<p>Upah Minimum Provinsi (UMP) 2026 resmi berlaku mulai Januari dan langsung menjadi perhatian pekerja maupun pelaku usaha di seluruh Indonesia. Kebijakan ini menentukan batas upah terendah yang wajib dibayarkan perusahaan kepada pekerja di masing-masing daerah. Dengan besaran UMP yang berbeda di setiap provinsi, penting bagi masyarakat untuk mengetahui daftar lengkap upah minimum 2026 di 38 [&hellip;]<\/p>\n","protected":false},"author":5,"featured_media":86710,"comment_status":"open","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"_tocer_settings":[],"jnews-multi-image_gallery":[],"jnews_single_post":[],"jnews_primary_category":[],"footnotes":""},"categories":[31],"tags":[40888],"class_list":["post-86703","post","type-post","status-publish","format-standard","has-post-thumbnail","hentry","category-informasi","tag-ump-2026-sudah-berlaku-cek-daftar-upah-minimum-36-provinsi"],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/86703","targetHints":{"allow":["GET"]}}],"collection":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/users\/5"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=86703"}],"version-history":[{"count":4,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/86703\/revisions"}],"predecessor-version":[{"id":86743,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/86703\/revisions\/86743"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media\/86710"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=86703"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=86703"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/fahum.umsu.ac.id\/info\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=86703"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}