Upah Minimum Provinsi 2026: Cek Berapa Kenaikan Gaji Terbaru
Upah Minimum Provinsi 2026: Cek Berapa Kenaikan Gaji Terbaru.
Daftar lengkap UMP 2026 di seluruh Indonesia secara resmi telah disahkan oleh pemerintah.
Ini merupqkan kabar baik yanh sangat di tunggu-tunggu oleh para pekerja.
Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) ini mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2025 mengenai Pengupahan.
Besaran UMP 2026 ditentukan berdasarkan beberapa indikator, termasuk keadaan ekonomi lokal, tingkat inflasi, dan produktivitas tenaga kerja di setiap daerah.
Perbedaan karakter ekonomi ini menyebabkan nilai UMP 2026 bervariasi di berbagai wilayah di Indonesia.
Penetapan UMP 2026 menjadi perhatian khusus bagi pekerja dan pengusaha karena secara langsung memengaruhi sistem pengupahan di seluruh Indonesia.
Berikut adalah daftar lengkap UMP 2026 se-Indonesia yang diambil dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (@kemnaker).
Daftar lengkap UMP 2026 se-Indonesia
Daftar lengkap UMP 2026 se-Indonesia Ini adalah rincian Upah Minimum Provinsi 2026, UMP terbaru 2026, untuk setiap provinsi:
Daftar UMP 2026 Pulau Jawa dan Bali
- UMP Jakarta 2026: Rp 5.729.876
- UMP Banten 2026: Rp 3.100.881,40
- UMP Jawa Barat 2026: Rp 2. 317.601
- UMP Jawa Tengah 2026: Rp 2.327.386,07
- UMP DIY Yogyakarta/UMP Jogja 2026: Rp 2.417.495
- UMP Jawa Timur 2026: Rp 2.446.880
- UMP Bali 2026: Rp 3.207.459
Daftar UMP 2026 wilayah Sumatera
- UMP Aceh 2026: Rp 3.932.552
- UMP Sumatera Utara/UMP Sumut 2026: Rp 3.228.949
- UMP Sumatera Barat/UMP Sumbar 2026: Rp 3.182.955
- UMP Riau 2026: Rp 3.780.495
- UMP Kepulauan Riau 2026: Rp 3.879.520
- UMP Jambi 2026: Rp 3.471.497
- UMP Bengkulu 2026: Rp 2.827.250
- UMP Sumatera Selatan 2026: Rp 3.942.963
- UMP Lampung 2026: Rp 3.047.734
- UMP Bangka Belitung 2026: Rp 4.035.000
Daftar UMP 2026 wilayah Kalimantan
- UMP Kalimantan Barat/UMP Kalbar 2026: Rp 3.054.552
- UMP Kalimantan Tengah/UMP Kalteng 2026: Rp 3.686.138
- UMP Kalimantan Selatan/UMP Kalsel 2026: Rp 3.725.000
- UMP Kalimantan Timur/UMP Kaltim 2026: Rp 3.762.431
- UMP Kalimantan Utara 2026: Rp 3.775.243
Daftar UMP 2026 wilayah Sulawesi
- UMP Sulawesi Utara 2026: Rp 4.002.630
- UMP Sulawesi Tengah 2026: Rp 3.179.565
- UMP Sulawesi Selatan 2026: Rp 3.921.088
- UMP Sulawesi Tenggara 2026: Rp 3.306.496,18
- UMP Sulawesi Barat 2026: Rp 3.315.934
- UMP Gorontalo 2026: Rp 3.405.144
Daftar UMP 2026 wilayah Maluku dan Papua
- UMP Maluku 2026: Rp 3.334.490
- UMP Maluku Utara 2026: Rp 3.510.240
- UMP Papua 2026: Rp 4.436.283
- UMP Papua Tengah 2026: Rp 4.285.848
- UMP Papua Pegunungan 2026: Rp 4.508.714
- UMP Papua Selatan 2026: Rp 4.508.100
- UMP Papua Barat 2026: Rp 3.841.000
- UMP Papua Barat Daya 2026: Rp 3.766.000
Pemerintah meminta semua pihak, baik pekerja maupun pengusaha, agar menjadikan upah minimum 2026 sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengupahan.
Diharapkan kepatuhan terhadap peraturan upah minimum dapat menciptakan hubungan industrial yang seimbang, harmonis, dan berkelanjutan di seluruh daerah.
Demikianlah informasi seputar UMP Tahun 2026 untuk setiap Provinsi di Indonesia. Semoga bermanfaat.

